Monday, August 18, 2008

Good Corporate Governance

Good corporate governance adalah penyelenggaraan sistem pemerintahan di dalam perusahaan dengan cara cara yang baik. Implementasi Good Corporate Governance (GCG) pada saat ini bukan lagi sekedar kewajiban, namun telah menjadi kebutuhan bagi setiap perusahaan dan organisasi. Berbagai kasus yang merugikan perusahaan di masa lalu dan masa kini seharusnya menjadi pelajaran berharga bagi perusahaan untuk tidak mengulangi kesalahan tersebut.

Dengan berlandaskan prinsip-prinsip Transparansi, Akuntabilitas, Responsibilitas, Independensi dan Fairness (TARIF) akan membawa perusahaan mencapai nilai tambah yang maksimal. Hal ini tentu saja akan membawa keuntungan besar tidak saja bagi shareholders, namun juga bagi stakeholders. Implementasi GCG pun bukan hanya miliki perusahaan besar saja, namun perusahaan skala menengah dan kecil pun dapat mengimplementasikan GCG, yang pada akhirnya akan menjadikan perusahaan semakin besar dan berkinerja baik.

Strategi
Strategi penyelenggaraan Eksklusif GCG adalah dengan Pemahaman Komprehensif Good Corporate Governance di Perusahaan antara lain:

  1. Karyawan dapat memahami konsep dasar Good Corporate Governance
  2. Karyawan memiliki pemahaman bagaimana cara mengimplementasikan GCG di perusahaan secara tepat guna dan sasaran
  3. Management dapat memahami tentang cara melakukan assessment GCG
  4. Management dan karyawan parameter-parameter penyebab terjadinya kegagalan pengelolaan perusahaan sebagai akibat dari bad corporate governance
  5. Management memiliki pemahaman yang memadai dan memecahkan masalah yang terjadi dalam praktik implementasi GCG.
Metoda Pelatihan Karyawan
Untuk memberikan pemahaman terhadap karyawan dan para management hendaklah dalam pelatihan atau training menggunakan metoda metoda seperti berikut:
  1. Presentasi
  2. Diskusi
  3. Studi Kasus
Other Articles:

No comments: