Thursday, September 11, 2008

Blogger Comments

Untuk membuat kotak kumpulan komentar para pengunjung kita bisa gunakan Blogger Comments gadget. Untuk menambahkan kotak komentar ini ke dalam blogmu, kita harus login dulu ke www.blogger.com. Baru sesudah login masuk ke salah satu blogmu yang akan di tambahi blogger comments ini langsung klik Setting.

Kemudian masuk di Layout tapi kalau kita menggunakan blog model klasik menu Layout tidak akan tersedia. Terus kita tambahkan fasilitas dengan menggunakan Add Gadged. Kemudian pilih menu Blogger Comments klik tanda plus untuk menambahkannya.
Sesudah ditambahkan ke blogmu kemudain klik tanda panah di pojok kanan atas pada gadget tersebut, akan ditemukan "edit settings". Masukkan nomor BlogID anda dan sekaligus set lebar gadgetnya dan tingginya sehingga pas dengan tempatnya nanti.

Sekarang kita harus mengubah Blog ID dari gadged tersebut menjadi BlogID untuk gadget kita. Masing masing blog akan mempunyai nomerID sendiri yang unik. Untuk mendapatkan nomor ID ini ada dua cara. ID ini merupakan ID blogmu sediri atau ID dari blog yang lain.
BlogID dari Blog milik sendiri:
Untuk mendapatkan BlogID masuk ke Dashboard, seperti jika ingin memposting blog atau mengganti setingan. Dari setiap posting, settings atau template page, kita akan menemukan nomor BlogID. Lihat pada browser address bar diatas yang terlihat seperti berikut ini:

Pada akhir alamat itu terdapat nomor BlogID, misal pada gambar diatas nomornya adalah 5910562. Setiap blog dalam akun kita akan mempunyai nomor ID sendiri, maka pastikan bahwa yang akan dipasang gadget ini adalah dengan nomor Blog tersebut.
BlogID dari Blog yang Lain:
Buka pada blog tertentu dan tunjuk atau arahkan mouse kita ke comment link (tanpa diklik) yang terdapat pada setiap posting Blog. Maka pada Status bar dibagian bawah pada layar komputer, akan terlihat nomor blogID dari blog tersebut seperti berikut ini:

Seperti yang ditunjuk adalah nomor BlogID dari Blog kita yang lain atau dari Blog orang lain. Harus diingat bahwa BlogID berbeda dengan PostID.

No comments: