Tuesday, June 7, 2011

Kentang Beracun

Kentang memang tidak beracun, tetapi bisa menjadi beracun bila penyimpannya tidak benar. Ini seperti yang diceritakan dalam Wikipedia tentang kentang atau ada disini Solanine on Potato. Kentang yang normal tentu tidak akan beracun, kentang hanya akan beracun jika ada sesuatu yang membuatnya tidak normal. Nah apakah yang bisa membuat kentang jadi gak normal coba simak cerita dibawah ini.

Kentang jika disimpan dalam keadaan kering dan ditempat yang dingin tapi tidak basah, maka kentang tersebut bisa bertahan lama. Tetapi jika kentang disimpan ditempat yang lembab dan apalagi terkena cahaya langsung maka kentang tersebut akan berubah warna.

Perubahan warna biasanya terjadi pada kulit kentang bagian atas dimana biasanya akan tumbuh tunas, kulit kentang berubah menjadi berwarna hijau. Bagian yang berwarna hijau ini sebenarnya adalah klorofil yang merupakan zat alami yang timbul akibat terkena cahaya matahari dimana racun alami timbul dalam kentang, racun tersebut adalah solanine yang mengumpul sampai pada level berbahaya. Maka dari itu kita harus menyimpan kentang pada temperatur yang dingin tetapi tidak lembab, dan jangan terkena matahari.

Solanine secara alami adalah mencegah kentang dari jamur dan pest, tetapi solanine juga membuat kentang menjadi memar dan rusak. Jika anda mempunyai kentang dengan tanda tanda ini sebaiknya dibuang saja.

Menurut referensi senyawa solanine ini akan menurun daya racunnya pada temperatur 150 oC, tetapi tidak akan berubah apa apa jika dipanaskan pada temperatur didih air atau 100 oC. Jika bagian yang menghijau hanya sedikit bisa saja dipotong pada bagian tersebut dan buang baru sisanya bisa dikupas dan dimasak.

No comments: