Tuesday, May 31, 2011

Belajar Mandiri

Kita semua belajar hidup mandiri, karena dengan mandiri kita tidak bergantung pada orang lain, kita bebas menentukan jalan hidup, cara hidup, menentukan arah. Orang lain tidak menekan kita untuk menentukan arah, karena kita bisa tertekan dengan arahan orang lain. Untuk bisa mandiri mungkin kita membutuhkan sebuah training yang komplet buat mandiri bahkan bisa mengarahkan orang lain untuk mengikuti cara cara yang kita lalui.


Lalu dimana kita bisa mendapatkan sebuah training yang bisa dikatakan lengkap, sebuah training yang bisa mengarahkan kita, membebaskan kita dari sebuah tekanan baik tekanan ekonomi maupun sosial. Jika kita hanya melihat sekolah sekolah formal, mungkin kita tidak akan mendapatkan apa yang sesuai dengan arahan tersebut. Sekolah formal hanya cukup untuk menjadi dasar saja, sama sekali tidak mengajari kita bagaimana cara hidup mandiri.

Jika sekolah formal tidak lagi memenuhi harapan kita, lalu kemana kita akan mencari sebuah lembaga training yang komplit dengan pembekalan hidup dan mandiri? Atau mungkin training tersebut harus merupakan perpaduan antara pendidikan formal dan pendidikan non formal yang diambil dari berbagai macam pelatihan ketrampilan, atau memang sudah ada sebuah lembaga training yang memadukan materi materi yang dimaksud dengan pas.

Untuk itu mungkin kita perlu melihat pendidikan pendidikan diluar jangkauan umum yang mungkin isinya dirahasiakan seperti, pendidikan militer, akademi inteligent dan lain sebagainya. Sebagai referensi coba kita lihat materi pendidikan yang ada di FBI Academy yang mungkin isinya komplet. Untuk hal ini kita bisa search di sini: Training in FBI

No comments: