Sunday, February 6, 2011

Apa itu 3M Adhesive?

Apa yang dimaksud dengan 3M adhesive? Kita tidak pernah membeli 3M adhesive, bahkan bertanya saja gak pernah, karena memang nama ini tidak umum. Nama ini sepertinya bukan nama kimia dari senyawa yang menyusun lem ini. Dalam bahasa kita bisa dikatakan lem stiker, tapi nama dagang untuk lem ini di Internet disebut 3M adhesive.

Lem stiker sering dipakai untuk membuat kertas stiker, amplop dan benda yang disiapkan dengan lemnya seperti sign board dan sebagainya. Pada penggunaannya lem ini menggunakan penutup sehingga tidak nempel sembarangan, hanya kalau mau digunakan penutupnya dibuka. Salah satu jenis penutup lem stiker ini adalah menggunakan kertas yang licin yang bisa berwarna biru, kuning atau putih bening. Kertas ini disebut kertas glassin.

Jenis 3M adhesive ada 2 macam, yang berbasis air dan berbasis non air. Berbasis air artinya bisa larut dalam air dan senyawa lain yang bisa bercampur dengan air. Yang berbasis air biasanya melarutkannya dengan alkohol sedangkan yang berbasis non air biasanya dilarutkan dalam aseton. Nah barangkali penjelasannya begitu saja.

Pengetahuan Yang Lain:

No comments: