Monday, August 23, 2010

Potongan Kisah Mahatma Gandhi

Mahatma Gandhi adalah tokoh India yang banyak dikagumi orang karena konsistensi dan kejujurannya dalam berbicara. Apa yang dia katakan tidak berarti dia tidak melakukan. Jadi apa yang dia katakan merupakan refleksi dirinya. Kekaguman orang terhadapnya membuat panutan dan menjadikannya orang yang pantas untuk dimintai nasehat, termasuk salah satunya adalah orang yang terkena penderita Diabetes.


Orang tersebut sudah berobat ke tabib dan dokter tentang masalah yang dideritanya, yang hasil akhirnya dia dinasehati agar menghindari makan gula demi kesehatannya. Tapi dia tidak puas atas nasehat para dokter tersebut dia ingin meminta nasehat langsung dari Mahatma Gandhi yang tempat tinggalnya termasuk jauh dan susah dijangkau dari tempat dia berada. Konon untuk menuju Mahatma Gandhi membutuhkan perjalanan 3 hari. Singkat cerita kemudian bertemu dengan beliau, dan dikatakan tentang nasihat para dokter tentang penyakitnya yang disarankan untuk tidak makan gula. Untuk itu apakah dia harus menuruti nasehat para dokter tersebut? Bagaimana menurut bapak Gandhi?

Pak Mahatma Gandhi tidak langsung menjawab ya atau tidak, tapi dia merenung dan kemudian apa katanya? Baiklah coba tunggu satu minggu lagi jawabannya. Kenapa tidak sekarang pak? Aku akan selidiki dahulu, katanya. Perjalanan yang begitu jauh ditempuhnya terpaksa harus menunggu 1 minggu lagi, terpaksa dia menunggu 1 minggu lagi, entah selanjutnya apa dia pulang atau nginep di warung, wah gak sampai detail. Yang jelas dia keluar dari rumah pak Gandhi dan 1 minggu lagi datang lagi dan menanyakan tentang jawaban pak Gandhi.

Setelah bertemu dengan Pak Gandhi kemudian dia tanyakan lagi tentang pertanyaanya tersebut, bagaimana pak apa saya harus menghindari makan gula? Pak Gandi menjawab Ya! Kemudian orang tersebutpun bertanya kenapa untuk menjawab Ya saja harus menunggu 1 minggu? Pak Gandhi menjawab: “Karena waktu itu saya masih makan gula, tapi sekarang tidak lagi”. Kebiasaan Gandhi waktu itu adalah makan gula kelapa. Tapi setelah mengetahui bahayanya kebanyakan gula, beliaupun akhirnya menghindari makan gula.

No comments: