Thursday, August 19, 2010

Kesulitan Seorang Blogger Muda

Seorang Blogger muda sering sekali mengalami kesulitan bagaimana ia akan mengisi blognya, bagaimana dia akan menulai menulis. Ini memang butuh pengetahuan khusus, tentang menulis artikel. Tetapi kalau dia mengerti tentang kesulitannya bisa saja dia menulis tentang pengalamannya itu, yaitu kesulitan menullis. Tetapi setelah itu bingung lagi, masa akan menulis tentang kesulitannya, kan gak lucu. OK selanjutnya dia bisa saja menulis tentang pengalaman sehari hari, karena sekarang pengalamannya baru menulis dan sedikit kegiatan di luar itupun kalau ada. Terkadang dia memang hanya hobi di dunia maya jadi ya gak gaul. Maklum kan masih muda jadi pengalaman yang lain masih kurang.

Ide ide selanjutnya memang ada biasanya hasil dari surfing kemana mana dan hasilnya adalah copas “copy paste”. Karena mau menyusun tulisan sendiri juga masih sulit, yang keluar di otak dan yang dia baca masih belum klop jadi ya paling gampang adalah kopi paste.

Berbeda dengan orang yang sudah banyak pengalaman di dunia kerja, selain sudah terbiasa menulis dan pengalaman di dunia kerja yang mungkin berbeda beda jelas kalau masalah isi blog dia akan lebih mudah mengeluarkan apa yang ada di otaknya dari pada seorang blogger muda. Tapi masalah trik dan pengetahuan ngeblognya yang biasanya kurang dan ini banyak menjadi hambatan bagi para sesepuh yang banyak ilmunya di dunia nyata sulit menjadi seorang blogger. Jadi yang akan lebih maju adalah yang punya banyak ilmu selain ilmu di dunia nyata dan ilmu di dunia maya.

Namanya dunia maya jadi yang kita lihat kayaknya emang remang remang, gak jelas gitu. Orang bilang begini, terus kita ikuti, hasilnya gak semudah apa yang barusan dicoba, bahkan bisa saja hasilnya tidak efektif. Banyak tips dan saran, dan semuanya menghasilkan sedikit saja. Nah ini biasanya yang bikin frustasi, ya lagi ngomongin diri sendiri sih. Menurut saya bukan karena tips dan sarannya yang salah tapi karena kompetitornya yang tidak bisa dihitung dengan nyata dan tidak bisa diketahui apa saja yang sedang ia lakukan, jadi membuat kita makin sulit untuk melihat hasilnya. Nah segitu dulu barang kali ada pendapat lain bisa tulis saja di kolom komentar.

No comments: