Wednesday, July 7, 2010

Pengolahan Sampah

Permasalahan sampah umumnya terjadi di kota kota besar di seluruh dunia. Masalahnya adalah tidak ada tempat penyimpanan lagi buat sampah tersebut. Selain sampah tersebut bukan sampah sampah kering yang bisa dijadikan bahan bakar, sampah tersebut juga nyampur antara yang organik dan sampah organik sehingga sulit untuk langsung bisa diolah baik untuk dibakar atau mau dijadikan pupuk.

Jadi dari tempat penyimpanan sementara ini sampah tersebut harus diolah lagi untuk bisa dimanfaatkan atau diproses lebih lanjut, tetapi masalahnya yang sering terjadi adalah TPS atau tempat penyimpanan sementara ini malah menjadi tempat penyimpanan permanen, sehingga jumlahnya semakin lama semakin banyak dan malah menimbulkan masalah berikutnya. Bau tak sedap, menjadi sumber penyakit dan lain sebagainya.
Seharusnya, sampah yang sampai di TPS ini langsung diolah. Seperti memisahkan antara sampah sampah organic dan nonorganic. Sampah organic bisa diolah lebih lanjut menjadi pupuk, sedangkan sampah non-organik bisa dibakar atau dimanfaatkan lagi seperti plastik bekas ember, dan lain lain bisa dijual dijadikan bahan baku plastik. Tapi kelanjutan prosesnya sering tidak lancar bahkan macet sehingga sampah menumpuk dan menjadi masalah yang lebih serius. Sampah yang akan dibakar juga harus diklasifikasikan karena tidak semua jenis sampah bisa menjadi sumber energy yang baik, untuk melihat kandungan energy in bisa dilihat di Solid Waste Energy diblogku yang lain.

No comments: