Tuesday, May 25, 2010

Strategy Marketing

Marketing Strategy itu sangatlah bervariasi, kata lainnya adalah berjualan. Teknik berjualan itu merupakan seni, dan kebanyakan sih seni pergaulan. Tapi jualan yang banyak uangnya tentu tidak sembarang barang, karena tidak banyak jenis barang yang bisa menghasilkan uang banyak. Kalau melihat jenis barangnya, ada berbagai macam, ada barang yang termasuk barang masal, artinya yang banyak dibutuhkan oleh banyak orang, jenis barang ini sangat sensitif terhadap harga, dibutuhkan dalam kuantitas besar. Ada barang produksi, biasanya merupakan jenis barang untuk bahan baku industry. Ini juga termasuk sensitif terhadap harga, tapi dibutuhkan dalam kuantitas yang besar. Yang ketiga adalah barang tambahan, merupakan asesoris, tidak banyak dibutuhkan tapi bisa meraup keuntungan besar per itemnya.



Untuk menjual semua jenis barang tersebut tentunya membutuhkan strategy yang hampir sama, antara lain: harus sering ditawarkan, harus punya hubungan atau kedekatan dengan pelanggan, dan membutuhkan pelayanan yang memuaskan konsumen. Yang akhirnya akan menghasilkan jumlah pelanggan yang banyak, tetapi belum tentu merupakan pelanggan yang berkualitas artinya merupakan pelanggan besar dengan omset yang lumayan. Tujuan akhir kita harus mempunyai pelanggan pelanggan yang berkualitas sehingga akan menciptakan omset penjualan yang besar, kualitas pelayanan kita akan membuat mereka lebih setia dalam membelli dan akan menegosiasikan kepada kita terlebih dahulu sebelum mereka berpindah ke penjual yang lain.


Jadi proses jual belinya kira kira adalah seperti berikut: Berkenalan – Negosiasi – Penawaran – Penjualan – Pelayanan. Teknik berjualan seperti ini biasanya jarang sekali gagal, karena prosesnya panjang dan biasanya banyak kesempatan untuk mendiskusikan masalah masalah dalam bisnis, pelayanan purna jual dan lain sebagainya. Karena prosesnya panjang maka alangkah baiknya bila barang yang kita jual juga dibutuhkan dalam jangka panjang dan mereka akan selalu komit pada kesepakatan dagang dengan kita.


Semakin hari semakin bertambah langganan kita, dan kitapun bisa hidup dari berjualan, pesanan maupun order terus berdatangan. Inilah kunci sukses dalam berdagang. Banyak orang yang tidak mau jadi sales, alasannya, tidak pandai berdagang. Padahal berdagang itu kuncinya hanya silaturahmi, tapi kadang kadang kita sulit buat menembus pasar, karena mereka juga punya penjual yang mempunyai cara seperti yang kita lakukan juga. Yah dari sekian banyak konsumen pasti ada yang nyangkut dan jadi langganan tetap kita. Tinggal dicoba saja.

No comments: