Tuesday, March 16, 2010

Sensus Penduduk Indonesia - 2010

Sensus penduduk Indonesia untuk tahun 2010 akan dilaksanakan mulai tanggal 1 Mei hingga 31 Mei 2010. Untuk mendata jumlah penduduk, pendidikan penduduk, pendapatan penduduk, kondisi social, lingkungan dan kesehatan bisa sekali gus termaktub didalamnya. Untuk keperluan ini maka sensus penduduk akan membutuhkan dana yang besar, besar sekali. Tapi apa gunanya? Gunanya buat siapa?

Guna sensus penduduk ini sangat banyak, bisa bermacam macam keperluan, ada yang digunakan untuk kepentingan pinjam ke Bank Dunia, bisa untuk kepentingan program pemerintah, bisa digunakan untuk prediksi perkembangan penduduk, bisa juga disimpan sebagai data yang bisa dikeluarkan setiap waktu atau bisa untuk cuap cuap saja. Tapi yang jelas butuh dana yang besar untuk memperoleh data yang benar.

Apakah bisa pemerintah mendapatkan data yang benar? Saya kira tidak bisa, 90 % benar aja sudah bagus. Karena dari teknisnya nanti akan ketahuan, pelaksanannya siapa? Apa mereka cukup sabar? Apa semua orang jujur hanya menulis namanya dalam 1 akte keluarga, padahal banyak orang yang namanya tercantum dalam beberapa keluarga, apalagi punya istri dua? Petugas sensus pasti gak akan tahu kalau bapaknya tercantum di akte keluarga yang lain, lha wong istrinya aja bisa gak tahu! He he he....

Baik kita lihat saja sensus yang akan datang dan berita apa yang baru dari hasil sensus tersebut, paling penduduk miskin makin banyak jumlahnya, pengangguran makin banyak, pendidikan makin tidak efektif, makin tidak bermutu dan lain sebagainya. Ini pasti karena kan jumlah penduduk Indonesia makin banyak…..

No comments: