Tuesday, June 16, 2009

Hati Hati Mengkopi Article

Jika kita main kopi saja dari blog orang atau dari web orang, bisa bisa dituduh sebagai plagiatoris. Masalahnya di Internet ini ada toolsnya yang bisa dengan cepat mengecek artikel kita apalagi kalau artikel kita itu sama persis dengan sumbernya. Jelas lah apapun alasannya maka kita akan langsung dituduh sebagai plagiator. Efek yang lain adalah PageRank blog kita bisa rusak.

Jangankan satu artikel yang jumlahnya bisa sampai 300 kata, kalau kita ngopi blog orang yang hanya satu paragraph saja sudah ketahuan kalau artikel tersebut ngopi dari orang. Kalau yang kita kopi gak pernah tahu mungkin gak pernah melaporkan, masalahnya kalau yang empunya melaporkan terus kita biarkan saja, maka bisa bisa blog kita kena banned dan gak mungkin tampil lagi atau malah account kita bisa dihapus.

Jadi untuk bisa tahu kalau kita blog kita itu dikopi apa nggak bisa ke sini http://copyspace.com tinggal masukin url kemudian klik search kita maka secara otomatis akan menyampaikan alamat alamat blog yang isi teksnya sama dengan blog kita. Jeleknya walaupun kita ngopi dari alamat blog sendiri tools ini tetap menganggap bahwa itu adalah kopian, jadi gak pandang bulu.

Kayaknya sih toolsnya kalau menurut saya kurang bagus karena sembarang kopian juga dilacak walaupun itu tidak terlalu merugikan contohnya jika kita mengkopi link link kita yang kalau berkali kali nulis kan repot, dari pada nulis lagi kan saya kopi eh tetap saja dianggap sebagai plagiat, jadi itulah tidak bagus toolsnya. Jadi kurang ada sentuhan humanismenya, bener bener robot komputer yang leterleks, tapi lumayan kalau buat ngecek ngecek sih.

Juga menggunakan alat ini bisa kita kelabuhi juga misal dia anggap tulisan itu kopian (memang mengkopi dan paste) nah kemudian kita hapus tapi terus kita tulis lagi, nah toolsnya gak menganggap itu kopi paste lagi kan aneh. Tapi jangan salah masih ada toolnya yang lain dari google yang lebih canggih, yaitu pegawainya google. Kalau ketahuan ama dia kopian berabeh deh, bakalan di banned.

No comments: