Tuesday, June 9, 2009

Perlukah Kita Submit ke Yahoo dan Google

Jawabannya: Bisa Perlu dan Bisa nggak Perlu
Alasannya begini:

Dalam computer anda ada dua macam cara menyimpan, yang pertama adalah di Hardisk anda. Yang kedua adalah di Memory computer anda. Mana yang lebih besar kapasitasnya? Jawabannya adalah Hardisk, ini berlaku umum, seberapapun besarnya mesin server hal ini akan berlaku umum.

Jika anda search ke mesin pencari maka yang muncul adalah file file yang ada dimesin tersebut dan file file yang terdapat di memori mesin tersebut, tapi yang terakhir masih dugaan. Tapi yang jelas file anda tidak akan disimpan di server yahoo atau google jika anda tidak menyimpan disitu kata lainnya kita tidak beli hosting disitu.

Jika anda submit alamat url anda ke Yahoo atau Google maka file tersebut akan tersimpan di Google atau di Yahoo, tapi dibagian mana tersimpan aku sendiri kurang paham. Tapi yang akan tersimpan hanya alamat saja, jadi fasilitas ini akan dapat menyimpan banyak sekali alamat. Tapi kapasitas penyimpanan ini terbatas, sehingga ada kalanya alamat kita hilang jika dicari lagi setelah anda menyimpannya sekian lama. Cobalah cari alamat file anda sekali kali di Yahoo, Google dan MSN. Mungkin alamat kita pernah muncul di urutan teratas tapi suatu waktu bisa hilang jika web kita tidak terkenal.

Fungsi link pada setiap artikel kita adalah guna mengingatkan kembali alamat web kita yang mungkin sudah hilang dari ingatan server tapi dibuka kembali oleh seseorang sehingga alamat kita muncul lagi dan akan muncul lagi jika disearch melalui mesin yang sama. Maksudnya alamat itu muncul jika kita kliknya dari server yahoo maka yahoo akan menyimpan di memory yahoo, jika diklik dari google maka google akan mengingat alamat tersebut dsb.

Seperti kita sedang membuka Word maka sewaktu kita klik file, maka akan muncul beberapa alamat file terakhir yang muncul di menu file tersebut. Begitulah menurut saya cara kerja server yang tidak akan jauh berbeda dengan computer kita. Jadi semakin banyak link akan semakin besar kemungkinan alamat file tersebut diingat di server tersebut.

Hanya yang masih menjadi rahasia adalah bagaimana agar muncul dihalaman depan sewaktu di search masih dirahasiakan oleh yang empunya server baik Yahoo, Google maupun MSN.

No comments: