Para manager dan supervisor yang bertugas dalam bidang ini harus dibekali dengan pengetahuan baik dari tempat belajar formal atau dari training dan workshop yang dapat memberian wawasan, prinsip-prinsip dasar dan ketrampilan utama dalam melakukan lobi dan negosiasi. Pelatihan tersebut haruslah cukup padat, namun juga tetap memberikan kesempatan untuk role playing agar para manager maupun supervisor dapat merasakan aplikasi dari berbagai konsep yang diaplikasikan. Tugas yang harus dikuasai pada Job ini adalah:
- Dapat memahami prinsip-prinsip lobbying & negosiasi yang saling menguntungkan bagi pihak-pihak yang terlibat.
- Menguasai dan mampu mengembangkan teknik-teknik negosiasi secara efektif.
- Mampu menggunakan prinsip komunikasi yang tepat dalam bernegosiasi.
Dalam melakukan tugasnya para manager dan supervisor haruslah seorang yang senang bergaul terutama dengan para individu yang bersangkutan sehingga dalam negosiasi yang sesungguhnya diharapkan sudah mempunyai background yang sama dan paham terhadap sumber permasalahan. Jika masing masing pihak yang melakukan perundingan hanya tinggal menentukan kesepakatan pendapat atau nilai nilai yang saling menguntungkan.
Dalam pelatihan lobying hendaklah mencakup mengenai hal hal berikuti:
- Lobbying & Negosiasi Dalam Bisnis
- Masalah dan tantangan dalam lobbyingh & negosiasi
- Kompetisi vs integrasi
- Tiga unsur pokok negosiasi
- Persiapan Lobbying Negosiasi
- Kriteria sukses lobby & Lnegosiasi
- Identifikasi kekuatan dan kelemahan
- Aspek budaya
- Aspek Komunikasi
- Mendengarkan aktif dalam lobbying & negosiasi
- Mengatasi hambatan komunikasi dalam lobby & negosiasi
- Teknik Negosiasi
- Lima strategi pokok
- Sepuluh teknik dasar
- Teknik konsesi
- Praktek Negosiasi
- Persiapan negosiasi
- Proses negosiasi
- Evaluasi hasil
No comments:
Post a Comment