Tuesday, April 16, 2013

Jenis dan Harga Ikan Gurame

Gurame Soang
Gurame soang mempunyai ciri ciri dengan warna kulit abu abu hitam, berasal dari Thailand. Jenis gurame ini bisa mencapai ukuran dengan berat 8 kg dengan panjang 65 cm biasanya ditujukan sebagai induk penghasil telor. Harga bibit pada umumnya seperti berikut:
  • Telor harga variasi dari 25 rupiah per butir sampai 80 rupiah per butir tergantung musim.
  • Ukuran kuku harga Rp. 1000 per ekor
  • Ukuran silet harga Rp. 1700 per ekor
  • Ukuran korek harga Rp. 2200 per ekor
  • Ukuran super harga Rp. 3500 per ekor

Gurame Jepang (Jepun)
Badan relatif pendek dan sisik lebih kecil. Ukuran yang dicapai hanya 45 cm dengan berat kurang dari 4,5 kg. Gurame jepun memiliki sisik tidak terlalu besar dan tubuhnya pendek dengan warna putih abu-abu dan kemerahan. Jenis lain dikenal dengan gurame merah. Jenis gurame yang telah lama dikenal hanya dua jenis, yaitu gurame soang dan gurame jepun, namun saat ini terdapat beberapa strain gurame baru, ada dugaan bahwa strain-strain baru tersebut merupakan keturuna atau perkawinan silang dari gurame soang dan gurame jepun yang mengalami penyesuaian pada masing-masing daerah .


  1. Gurame Porsalin
  2. Gurame Blusafir
  3. Gurame Paris
  4. Gurame Soang
  5. Gurame Jepang
  6. Gurame Bastar
Gurame Porselen
Gurame Porselen paling banyak dikembangkan di Jawa Barat, khususnya Bogor. Dibanding gurame jenis lain, porselen lebih unggul dalam menghasilkan telur. Jika induk bastar dalam tiap sarangnya hanya mampu menghasilkan 2000-3000 butir telur, porselen mampu 10.000 butir. Karena itu masyarakat menyebutnya sebagai top of the pop, dan paling banyak diunggulkan. Kalau dilihat dari warnanya terdapat gurame hitam, putih dan belang.

No comments: