Wednesday, November 14, 2012

Percobaan 2 - Jamur Merang

Pada percobaan ke 2 penanaman Jamur Merang dalam pot menggunakan media gardus, jerami, kawung dan bekatul. Gardus bekas hanya disobek sobek, dan direndam sebentar. Gardus tidak bisa dicerna oleh jamur karena bentuknya masih utuh, miselium bisa tumbuh tapi gak bisa jadi buah. Kelembaban susah diatur karena terlalu padat.

Percobaan menggunakan gardus, kawung dan bekatul tidak berjalan lancar, permasalahannya adalah kelembaban media susah diatur, media selalu basah dan pertumbuhan miselium jadi terhambat dan kemudian mati.

Percobaan yang lain adalah menggunakan jerami bekas, kawung dan bekatul. Pertumbuhan agak lambat karena tidak ada proses fermentasi terlebih dahulu. Setelah di aduk dan dicamapur antara jerami bekatul dan kawung, langsung disterilisasi selama 1 jam. 1 minggu pertama terjadi proses fermentasi dalam pot walaupun bibit sudah ditebar, panas yang timbul dan kelembaban kompos terkondisi sendiri karena terjadi penguapan air. Miselium yang sudah tumbuh kembali mati karena terkena uap panas dari proses fermentasi kompos, proses fermentasi melambat setelah 10 hari, dan terlihat miselium jamur tumbuh kembali dan berhasil membentuk tubuh buah.

Berikut Photo yang diambil setelah terbentuk tubuh buah:



No comments: