Monday, October 29, 2012

Jamur Merang Hari Ke Tiga

Pada hari ketiga, buah jamur merang sudah terlihat besar tapi belum memenuhi syarat untuk dipanen karena belum maksimal besarnya. Besar yang maksimal adalah jika agak lonjong tetapi jangan sampai monyong sekali karena nanti akan terlambat panen dan bandar jamur kurang suka dengan bentuk jamur yang seperti itu. Bandar tentu akan lebih suka jamur yang bulat karena sebenarnya jamur ini masih membesar walaupun penambahannya sangat sedikit, sehingga beratnya akan bertambah selama perjalanan penjualan.

Warna jamur tidak putih sekali karena bentuk pot terlalu kecil dan tidak diletakkan dalam kumbung khusus sehingga terkena aliran udara dingin dari luar plastik penutup yang sesekali dibuka untuk aliran udara. Pada masa pertumbuhan jamur merang membutuhkan oksigen dari udara dan juga membutuhkan air.

Pertumbuhan jamur tidak merata?
Ya karena pada kompos yang pinggir keliling baru dimasukan setelah miselium menyebar, dan mungkin akan terkontaminasi karena kawung ini tidak dipasteurisasi, langsung dimasukan dipinggirnya. Saya coba coba saja apakah jamur kontaminan akan kalah pertumbuhannya dibanding jamur merang? Sekarang di pinggir sudah terlihat miseliumnya tumbuh.



No comments: