Wednesday, April 14, 2010

Inti Bisnis Adsense

Inti dari semua bisnis di dunia sebenernya ada di bidang Human Resource, tapi human resourse yang unggul, mengetahui cara cara berbisnis, mengetahui dengan detail dari bisnis terstentu apapun itu bisnisnya. Membangun bisnis sendiri, memproduksi sendiri, menjual sendiri memang akan menguasai sector tapi itu akan membutuhkan banyak, waktu, pikiran dan biaya yang tidak efisien dan terkadang bisa hanya membuang buang tenaga, pikiran dan biaya.

Sama halnya dari bisnis Google Adsense, jika google membuat artikel sendiri dan mempublish sendiri dan yang mengundang para pemasang iklan untuk memasang iklan di artikelnya tentu akan menghasilkan uang yang tidak banyak, atau harga iklan jadi mahal. Hal ini tentu akan membuang buang waktu dan tenaga sedangkan hasilnya tidak akan sebesar yang sekarang Google miliki. Inti dari bisnis Adsense adalah human resource, google memanfaatkan orang orang yang mau membuat artikel dan akan mendapatkan bayaran dari artikelnya jika mau memasang iklan dari Adsense. Google memang akan mendapat keuntungan yang lebih sedikit dari si penulis artikel itu sendiri, tapi dari yang sedikit itu dikalikan ribuan orang dan ribuan iklan juga hasilnya tentu tidak sedikit.

Demikian juga bisnis yang lain, jika kita ingin menjadi pebisnis di bidang cacing, maka kita harus menguasai ilmu budidaya cacing, bagaimana cara membudidayakan, bagaimana cara menghasilkan kompos, dan kemana akan menjual kompos dan cacingnya. Kita harus bisa menjadi seorang expert, seorang guru yang bisa mengajarkan ke orang lain, dan orang tersebut akan membudidayakan cacingnya, tapi kita yang akan menjual komposnya menjual cacingnya. Keuntungan kita akan lebih sedikit, tapi yang sedikit jika dikalikan dengan banyak orang tentu hasilnya tidak sedikit. Kita memberi pelajaran, memberi pengetahuan tentang budidaya cacing, tapi kita yang menyediakan cacing bibit, tempat cacing dan sekaligus menjual hasil cacingnya.

Ini berlaku juga untuk bisnis yang lain seperti di perdagangan, di bidang electroplating, anodizing, adhesive dan lain sebagainya. Intinya kita harus bisa menjadi Maha Guru, yang expert dibidang tersebut dan menjadi guru dan pembimbing sekaligus menjadi Bandar dari bisnis itu. Disinilah inti dari bisnisnya, bukan masalah membudidayakan atau memproduksinya tapi menyalurkan dan ikut kebagian sedikit tapi kalau jumlahnya banyak yang sedikit itu akan lebih besar dari si produsen sendiri.

No comments: