Tuesday, April 6, 2010

Bendera Pusaka

Ini cerita sekolahan jaman dulu, mungkin sekarang gak mungkin terjadi lagi, sedangkan nama dan tempat kejadian hanya rekaan saja:

Ceritanya si Udin ini anak sekolah nama lengkapnya Salahudin asli orang Aceh (NAD) anak bekas pejuang GAM. Anaknya emang baik, penurut tapi lugu banget (gak seperti bapaknya yang membrontak terus), tapi sayangnya Bodoh, otaknya gak main sering gak klop antara jawaban dan pertanyaan. Sampai sampai temen-temennya udah pada sekolah di Universitas, dia baru kelas 5 SD, pasalnya untuk naik kelas susahnya setengah mati. Guru kelas lima-nya sudah bosan banget dan sekarang sudah tiga tahun duduk di kelas lima. Suatu hari si Udin dipanggil sama pak guru Singlinu (orang batak asli).
"Akhhh ... kemari lach kauw, Udin ... sudah laama akuw kepingin bicara sama kauw!" kata pak Singa menggunakan logat khas Batak, yang sepertinya giginya berasa linu.

"Iya Pak Guru" jawab si Udin.

"Aku perhatikan kauw ini lama2 bikin aku kasihan juga, Udiiiin .... sudah hampir tiga tahun ini aku mengajarimu di kelas lima iiiini ... akhhh ... tapi kau tak kunjung tambah pintar pula haaah?" kata pak Singa sambil mengusap kepala Udin. Tapi Udin diam saja, gak tahu apa yang dimaksud pak Singa.

Pak Singa melanjutkan "Sekarang begini saja lakhh ... aku kasih kauw satu pertanyaan ya, ... kalau kauw bisa jawab dengan benar ... aku naikkan saja kau ke kelas enam, biar aku tak pusing lagi mikirin kauuu terusss, ya Udiiin!?"

Udin tidak menjawab, hanya mengangguk saja.

"Begini Udin, ... kau pernah dengar itu namanya Bendera Pusaka yakh?"

Udin hanya bengong saja, gurunya meneruskan bertanya, „Naaakh, ... sekarang ini katakan padaku yakhh ... dimana Bendera Pusaka itu disimpan haaahhh? Kau pasti tyau kan, Udin? Itu saja lakh pertanyaanku."

Udin masih tidak menjawab, mukanya menunduk, terlihat malah jadi ketakutan.

"Dimana itu bendera disimpaaaan, Udiiiin!? ... Kau jawab lakhhh, sekarang juga!"

Melihat si Udin diam saja dan malah terlihat ketakutan ..... tanannya gemetar, pak Singa terus bicara sambil mengelus dadanya sendiri, "Akhhh ... ya sudakh laakh kalo begitu ... sekarang kau pulang saja lakhhh, Udin ....... tapi besok kau harus jawab itu pertanyaanku yakh !? Kau cari itu di rumah, OK !? Pak Singa sedikit kesel terus membalikkan badan dan meninggalkan Udin yang kelihatan tambah Bodoh. Si Udin terus ikut keluar ruangan kelihatan matanya merah seperti mau menangis.

Besoknya pak Guru mengabsen murid2 kelas lima, eh tapi si Udin tidak terlihat. Pak Guru membuka laci dan tidak ada surat ijin, terus dia menanyakan pada teman2 si Udin yang rumahnya berdekatan. Tapi gak ada yang tahu karena Udin tidak bermain bersama seperti biasanya. Sampai tiga hari berulang terus gak ada berita tentang si Udin, pak Singa jadi penasaran mengenai keberadaan si Udin.

Pak Singa menyuruh temen si Udin, si Badar supaya kerumah si Udin dan menanyakan tentang kesehatan Udin. Setengah jam kemudian Badar kembali ke sekolah bersama dengan kedua orang tua Udin lengkap. Katanya Udin gak ada di rumah, Udin gak sakit, tapi sama sekali gak mau ke sekolah, sudah di nasehati orang tuanya tetap saja gak mau ke sekolah katanya. Orang tua Udin ikut bingung, bertanya apa baru dimarahi sama pak guru? Pak Singa katakan kalau si Udin tidak dimarahi, tapi hanya diberi pertanyaan seperti yang sudah diceritakan di atas. Pak Singa minta maaf atas ke tidak tahuan muridnya Udin.

Besoknya lagi, Ibu Udin inisiatif pergi ke sekolah walaupun tidak dipanggil pak Singa untuk dating ke sekolah. Pak Singa terus menanyakan apa ada khabar kemajuan… apa sudah ada jawaban dari Udin?

Ibu Udin melapor: "Begini Pak Guru ya, ... saya sudah berusaha keras mengerahkan segala upaya untuk membantu anak tunggal kami si Udin ... tapi apa lah daya ... kami serumah tetap tidak bisa menemukannya juga sampai hari ini. Semalam ayahnya juga pulang dan sampai marah2 menanya si Udin ... bahkan sampai digebugi pake rotan ... tapi tetap saja si Udin tak tahu harus menjawab apa ... cuma bisa menangis saja dianya, Pak? Lama2 kami berdua juga tak tega melihatnya .... lalu kami berpikir ya sudah lah Pak biar si Udin pindah sekolah saja ... kasihaan Pak, dia takut ke sekolah ini lagi ... takut kalo ditanya soal itu lagi, Pak.

"Aakhh, kenapa jadi begitu si Udin? ... jangan lahhh ... tak perlu itu" kata gurunya.

"Tapi begini Pak, ... bapak kan tau dia itu anak baik, ... iya kan Pak?"

"Ya iyyyaa laaakhhh ... aku tau ituuw!" jawab Pak Singa

"Dia itu anak nuruuut sekali ... dan jujur, .. iya kan? Pak Guru tau kan?"

"Iya laaakhhh!" jawab pak Singa mantap, walaupun gak tahu kemana arah pertanyaannya.

"Saya yakin dia itu nggak pernah bohong, Pak! .... Dan ... kami rasa .... uhhhukk ... uhuk .... memang ... memang bukan anak kami yang menyimpan itu Bendera Pusaka itu, Paaaaak .... !" Ibu Udin menangis, sambil merangkul Pak Singa ...

Pak Singa jadi gak dong ????? dalam hati ngedumel, kalau hanya modal jujur doang gak cukup buat lulus sekolah. Yang gak ngerti kenapa Bapak dan Ibunya jadi ikutan Goblog???? Gak lucu kan…..

No comments: