Thursday, October 1, 2009

Membuat Sabun Transparan dari Sabun Batangan

Kalau kita ingin membuat sabun transparan yang harganya lumayan mahal dibanding dengan harga sabun mandi biasa, menurut saya akan lebih murah menggunakan sabun batangan yang sudah dijual dipasaran. Hanya kalau ada memilih yang tidak berwarna sehingga kita akan lebih mudah untuk memprosesnya lebih lanjut.

Sabun batangan dari pabrik harganya bisa jauh lebih murah bila dibanding dengan buatan kita sendiri karena kapasitas produksi mereka sangat besar sehingga bisa membeli bahan bahan kimia dengan harga jauh lebih murah dari yang ada di toko khusus bahan kimia sabun sekalipun. Kalau kita sudah berhasil melakukan percobaan dengan sabun batangan ini, kita bisa membeli dari grosirnya langsung yang tentunya bisa lebih murah dan bisa sekalian dijual sabun batangan tapi juga dipakai buat produksi sendiri, saya kira itu akan lebih efisien.

Harga sabun transparan yang bermerek dari grosir harganya berkisar antara 3000 sampai 4000 per 30 gramnya. Bandingkan dengan sabun barangan yang harganya sekitar 1000 rupiah per 200 gram, jadi kalau per 30 gram cuma 150 rupiah per 30 gram kan jauh banget. Selain secara kimia sudah sempurna juga kita tinggal memproses lebih lanjut yang biayanya masih sangat longgar untuk dimainkan, seperti perlu ditambahkan glyserin, extract cucumber, atau extract lemon cucumber, vitamin E, pewangi dan pewarna.

No comments: