Sunday, October 19, 2008

Terjemahkan Indonesia - Inggris

Google saat ini sudah dilengkapi dengan kamus otomatis bahasa indonesiaInggris. Jika para pembaca internet dalam melakukan browsing mengklik"terjemahkan" pada hasil search maka yang keluar adalah bahasaInggrisnya jika blog kita dalam bahasa Indonesia, sebaliknya untuk blogyang dalam bahasa Inggris maka yang keluar adalah teks bahasa Indonesiajika yang melakukan searching berada di Indoneisia. Kata terjemahkan iniakan muncul jika kita melakukan search dengan menggunakan Fire Foxmaupun Internet Explorer, dan melakukan searchnya di Google. Sedangkan jika melakukan searchnya di Yahoo, kata terjemahkan ini tidak muncul.

Para pencari artikel dengan melakukan search di Google mereka juga akanmelihat iklan Adsense kita yang apabila di-search tanpa mengklik kata"terjemahkan" tidak akan muncul, tapi jika disearch dengan mengklik kata"terjemahkan" maka iklan Adsense akan mucul, dan kemungkinan pembacabisa mengklik iklan Adsense tersebut melalui blog bahasa Indonesia kita.Walaupun para pembaca belum terbiasa mengklik di bagian terjemahkantersebut, tapi lama kelamaan mereka juga akan tahu dan terbiasa dengansendirinya. Sebaliknya jika blog kita dalam bahasa Inggris maka yangakan muncul adalah dalam bahasa kita dan ada kemungkinan iklan Adsensetidak akan muncul apabila dikonversi ke bahasa Indonesia. Tapi bagiwarga negara lain seperti Perancis atau Belanda atau Jerman, iklanAdsense di blog kita akan tetap muncul.

Memang kita bisa memodifikasi Adsense dengan menambahkan katagoogle_language="en" agar iklan Adsense tetap muncul di Blog bahasaapapun, tapi masalahnya hal itu melanggar aturan Adsense; , jika penghasilan dari blogdengan kecurangan itu besar maka Google akan melakukan investigasisecara langsung ke blog kita dan tentu saja kode tersebut akan ketahuandan sudah pasti Google akan langsung melarang atau memberhentikanaccount kita. Tapi kalau penghasilannya masih kecil, google tentu tidakakan melakukan investigasi karena tidak terlalu berpengaruh terhadappenghasilan Google. Apakah akan terus menggunakan cara cara itu semuanyatergantung pada para blogger sendiri, yang sebenarnya mereka jugamengetahui akan kecurangannya itu, yang dalam hati kecilnya sebenarnyagak enak kan.

No comments: