Saturday, November 17, 2012

Penyakit Penyakit Jamur Merang

Menanam Jamur merang jangan hanya melihat menguntungkan saja tetapi juga harus memperhatikan faktor faktor yang bisa menimbulkan kerugian karena banyak penyakit yang mungkin mengganggu kesuksesan budidaya jamur.

Penyakit penyakit tersebut antara lain adalah dari jenis jamur lain yang ikut tumbuh dalam kompos, antara lain:
  1. Scopulariopsis fimicola, warna jamur lebih putih dan cenderung mengelompok dan melebar, jamur ini sering tumbuh di kayu kayu yang lapuk. 
  2. Verticillium agaricicotum, miselium jamur ini sangat mirip dengan jamur merang dengan warna putih. 
  3. Jika menggunakan kapas sebagai media maka penyakit yang mungkin timbul lebih banyak antara lain: , Thielavia terricola, Trichoderma sp, Aspergillus sp, Pythium sp, and Rhizoctonia sp. 
  4. Jika menggunakan kompos wheat, barley dan Jowar maka jamur liar yang bisa menyerang antara lain Chaetomium sp, Alternaria sp, and sordaria sp. 
  5. Jika menggunakan jerami sebagai media maka jamur liar yang mungkin menyerang adalah: Coprinus species (jamur jerami), seperti C. aratus, C.cenerreus, C.Lagopus serta Psathyrella sp, Penicillium sp, Podospora favrelli, Aspergillus sp, Rhizoctonia solani, Rhizopus sp, and sejenis rumput Sclerotium sp. Yang paling banyak menyerang dan fatal adalah Coprinus sp, karena cepat penyerangannya hanya dalam 1 minggu bisa menghabiskan 1 kumbung. 
  6. Selain penyakit jamur liar tersebut, bisa juga terserang bakteri seperti wet bubble (Mucogone perniciosa) dan button rot (bacteria, Pseudomonas sp). Penyakit wet bubble adalah yang paling merusak. 
Contoh gambar penyakit jamur merang ini adalah Scopulariopsis fimicola, Aspergillus dll seperti gambar dibawah ini:

Scopulariopsis fimicola

Verticillium

Aspergilus Sp

Rhizopus



Rizhopus Orizae

Penicilium Sp

Penicilium Sp

Penicilium Sp


Penicilium Sp


Sedangkan gambar jamur liar yang lain bisa disearch di internet ini karena banyak sekali jumlahnya.

No comments: