Sunday, February 5, 2012

Kendala Budidaya Ikan Gurameh

Ternyata memang sulit membudidaya ikan Gurameh secara tradisional, karena banyak kendala kendala yang harus diatasi dan perlu diketahui sebelum mulai membudidaya. Apalagi jika modalnya pas pasan bisa bisa habis modal sebelum menikmati hasilnya. Lagi coba memelihara benih dari telor, ternyata mati semua gara gara faktor penghambat tidak diantisipasi, gak jadi jual benih ikan gurameh nih. Tidak cukup hanya tidak boleh kena air hujan, cuaca dingin juga dapat menyebabkan benih ikan mati.

Kendala Budidaya Ikan Gurameh
  1. Penyakit sering kali menjadi kendala karena dapat mengakibatkan menurunnya jumlah produksi ikan yang dapat di jual. Untuk menghambat timbulnya penyakit maka diupayakan untuk menjaga kondisi kolam agar memenuhi persyaratan yang ditetapkan, disamping petani dapat menghubungi dinas atau Balai Benih Ikan setempat.
  2. Gangguan musim umumnya terjadi pada saat musim kemarau yang mengakibatkan suhu lebih dingin sehingga oksigen berkurang dan ikan mudah terserah penyakit. Perubahan suhu yang dapat ditoler ikan adalah 5oC. Untuk mengantisipasi perubahan suhu dapat dilakukan pengaturan air masuk dan air keluar.
  3. Sikap petani yang masih sulit mengubah pola budidaya ikan ke arah yang lebih intensif dan cendrung tetap mempertahankan pola budidaya yang telah dilakukan secara turun temurun. Akibatnya jumlah produksi gurami yang masih belum dapat memenuhi permintaan pasar. Dalam hal ini Dinas terkait perlu meningkatkan pembinaan kepada petani agar mau menerapkan pola budidaya yang lebih baik.

No comments: