Saturday, August 13, 2011

Buah Lontar Dijual Di Pinggir Jalan

Lontar Palm atau Siwalan

Buah lontar ini cocok tumbuh di daerah pantai, karena termasuk sejenis dengan pohon kelapa dan buahnyapun rasanya mirip dengan kelapa muda. Warna kulit luarnya coklat muda tapi kalau dibelah daging buahnya warna putih hanya ada tiga per buahnya, jadi isi buahnya gak banyak.

Pohon Lontar

Buah Lontar
Daging buah lontar
Harga di Petani Sulawesi per butir buah lontar adalah Rp. 2000,-, sedangkan harga di Jakarta sekitar Rp. 3000 sampai Rp. 4000 yang ukuran besar. Tapi dipinggir jalan di Purwakarta ditawarkan Rp. 5000 rupiah, nah ini kemahalan mungkin bisa ditawar sampai Rp. 4000. Jadi harga ini bisa buat patokan bagi kamu yang mau beli buah ini. Supaya gak kemahalan, karena isi buahnya sedikit jadi sesudah kamu beli buah Siwalan gak terus maki maki, jadi buah Sialan. Orang menjual buah ini biasanya pada bulan puasa, karena buahnya enak untuk membuat minuman es buah, tapi juga enak dimakan begitu saja seperti kelapa muda.

Buah lontar banyak tumbuh di Sulawesi Selatan, tapi ada di Jawa walaupun gak banyak, karena kurang bermanfaat dibanding pohon kelapa. Manfaat dari pohon Lontar ini sangat banyak, mulai dari daunnya sampai pohon dan buahnya. Daunnya bisa buat anyaman, atap dan sebagainya, pohonnya bisa buat bahan bangunan, sedangkan bunganya bisa disadap untuk diambil niranya yang bisa dijadikan tuak atau anggur setelah difermentasi.

No comments: