Wednesday, May 11, 2011

Gangguan Tsunami Jepang

Akibat dari gempa dan tsunami di Jepang dikabarkan bahwa produksi mobil mobil Toyota jadi terganggu, padahal market toyota car di Indonesia adalah paling besar pada tahun lalu. Katanya sih mulai bulan Juni ini sudah bisa berjalan normal.

Pengadaan mobil mobil merk Toyotapun jadi terganggu seperti Toyota Inova yang pada bulan Maret saja bisa menjual 6.335 unit pada bulan April ini hanya bisa menyediakan 3.939 unit, sementara Toyota Fortuner merosot dari 3000 an menjadi 1900 an dan Toyota Avanza yang paling laris hanya tersedia 360 unit yang biasanya bisa menyediakan 1700 unit.

Secara total pengadaan mobil Toyota di Indonesia turun dari yang biasanya sekitar 11 ribu unit turun menjadi hanya 7000 an unit, suatu penurunan yang sangat drastis yang diakibatkan dari gangguan alam ini. Dari pengalaman ini tentu Toyota motor tidak tinggal diam, mereka akan membuka jalur jalu baru di luar negri sehingga pengadaan spare part tidak terganggu, organisasi toyota akan berubah dengan pengalaman bencana yang terjadi di Jepang baru baru ini.

No comments: